PEKANBARU (RP) - Memanfaatkan teknologi sebagai media pendukung bagi terselenggarannya proses belajar mengajar, SMK Labor Binaan FKIP Universitas Riau (Unri) meluncurkan Sistem Informasi Sekolah Labschool Online (SIS-LO) di Hotel Furaya, Rabu (21/4) lalu.


Peluncuran SIS-LO bertepatan dengan acara perpisahan siswa, ditandai dengan pengiriman SMS Gateway kepada seluruh siswa tingkat 12, guru dan orangtua siswa SMK Labor yang dikirimkan melalui SIS-LO oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Yuzamri Yakub didamping Kepala Sekolah SMK Labor Drs Hendri Pides Msi dan Ketua Komite Sekolah Drs Alvian Jeromi MM.

Sistem informasi berbasis jaringan tersebut memiliki kemampuan sebagai mediator pengontrol seluruh kegiatan di sekoah dengan tiga kemampuan utama, yaitu sistem informasi siswa, manajemen sekolah dan orangtua yang mengacu kepada standar ISO 9001:2008.

‘’SIS-LO ini memang dirancang terintegrasi, sehingga masing-masing pihak yang terkait di dalamnya dapat melakukan interaksi guna menunjang sistem penididikan,’’ ucap Jefri Hunter SPd, Programmer Analist Labshool Net.


Integrasi SIS-LO memungkinkan siswa untuk melihat langsung nilai ujian mereka secara online dan dapat mengatur kapan waktunya siswa harus melakukan perbaikan nilai pada mata pelajaran yang memiliki nilai tidak mencukupi standar. ‘’Formatnya, ada interaksi antara siswa dan guru bersangkutan bila memang terdapat masalah pada nilai siswa. Kemampuan ini memungkinkan siswa dapat memperbaiki nilainya lebih cepat dibandingkan cara manual,’’ imbuhnya

Untuk pengelolaan menajemen sekolah, SIS-LO dilengkapi dengan informasi keuangan, manajemen nilai dan segudang informasi laporan standar baku KTSP dan ISO 9001:2008. ‘’Keuntungannya, kapanpun dibutuhkan dan apa saja informasi yang dibutuhkan secara internal maupun eksternal, dapat kita sajikan tanpa perlu membongkar arsip seperti yang terjadi sebelum sistem ini digunakan,’’ ucap Jefri lagi.



Bagi orangtua, secara berkala mereka juga akan mendapatkan laporan secara otomotis melalui fasilitas SMS Gateway yang terinstal pada SIS-LO. Misalnya bila siswa telah membayar uang sekolah, orangtua akan menerima SMS konfirmasi pembayaran lansung ke ponsel mereka. Begitu juga bila anak tersebut tidak masuk sekolah. ‘’Karena SIS-LO juga terintegrasi dengan absensi elektronik siswa, jadi saat siswa tidak melakukan absensi atau terlambat masuk, sistem langsung menginformasikannya langsung ke ponsel orangtua siswa,’’ tambahnya.

Yuzamri Yakub dalam sambutannya memberikan tanggapan positif terhadap peluncuran SIS-LO. Beliau berharap sistem tersebut dapat dikembangkan karena sangat besar manfaatnya bagi pelaksanaan manajemen sekolah.(gem)

0 komentar:

Online Now

Visitor

free counters

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Link Banner

Share Our 
Knowledge

Followers

Smadav

Time

About Me

Categories

Sponsored By

Blogger Bertuah